Pengertian
- Angka Keterlambatan Pelayanan Pertama Gawat Darurat (AKPPGD) adalah Indikator pelayanan non bedah untuk menghitung banyaknya keterlambatan pelayanan pertama gawat darurat, dan angka ini menunjukkan tinggi rendahnya mutu pelayanan Gawat Darurat.
- Pelayanan Pertama Gawat Darurat dikatakan terlambat apabila pelayanan terhadap penderita gawat dan atau darurat yang dilayani dengan tindakan Live Saving oleh petugas gawat darurat lebih dari 15 menit.
- Tindakan darurat (Live Saving) adalah tindakan yang ditujukan untuk menyelamatkan jiwa manusia yang sedang terancam karena penyakit atau luka-luka yang dideritanya .
- Petugas gawat darurat adalah petugas yang bekerja di ruang gawat darurat yang telah terlatih PPGD.
- Perawat/Petugas gawat darurat mencatat setiap hari jumlah penderita gawat darurat yang dilayani 15 menit dan jumlah seluruh pasien gawat darurat.
- Perawat/Petugas gawat darurat melaporkan data yang sudah terkumpul setiap bulan kepada Kepala Instalasi Gawat Darurat
- Kepala Instalasi Gawat Darurat bersama dengan Tim penilai (GKM) menganalisis dan mengevaluasi secara berkala 3 (tiga) bulan sekali secara terus menerus
- Hasil analisis dan evaluasi dilaporkan ke Karumkit mengetahui Komite Medik, selanjutnya ditindaklanjuti.
- Formula Angka Keterlambatan Pelayanan Pertama Gawat Darurat (AKPPGD) dari Juklak Indikator mutu pelayanan rumah sakit ( WHO-Dirjen Yan Medik Depkes 2001) adalah :
0 komentar:
Posting Komentar